SMS Center

Hotline : 08111403819

Whatsapp

SMS Center : 08111902686

BB Messenger

BB Messenger : 5E6704C3 &

Kontak Email

admin@perlengkapanbeladiri.com
- Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu- Minggu libur

Anda Belum Layak Disebut Penggemar Samurai, jika Belum Tahu hal ini ( Bokken )


JENIS Artikel
Rating
TEMAMengenal BOKKEN / BOKEN / BOKUTO

 Kali ini saya akan membahas tentang Bokken (salah satu senjata beladiri yang terkenal dari Jepang). Tahukah sobat apakah Bokken itu? Yup benar, Bokken adalah sejenis pedang katana yang terbuat dari kayu (bilah dan gagangnya terbuat dari kayu. Pada umumnya kita sering melihat 3 jenis bokken yang sering digunakan untuk latihan yaitu bokken berbentuk pedang Katana, bokken berbentuk pedang Wakizashi (lebih pendek dari bokken berbentuk pedang katana), dan Bokken berbentuk pisau Tanto. Padahal dalam pengertian yang lebih luas Bokken tidak hanya dikenal dengan 3 jenis itu saja, tapi masih dibagi lagi menjadi 4 jenis:
  • Model daitō atau Tachi(ukuran pedang katana), pedang panjang.
  • Model shoto atau odachi (ukuran pedang Wakizashi), pedang pendek.
  • Model tantō bo (ukuran pisau Tanto)
  • Model suburito dapat dibuat dalam ukuran daitō and Shoto.
Sebenarnya pengertian Bokken tidak hanya digunakan hanya untuk keempat jenis Bokken tersebut diatas tapi juga berlaku untuk senjata-senjata jepang lain seperti nagamakino-dachi,yarinaginatakama, dan lain sebagainya yang terbuat dari kayu.  
Federasi Olahraga Kendo Jepang menggolongkan Bokken ke dalam beberapa ukuran untuk digunakan dalam pertandingan Kendo Kata yang resmi, yang dikenal dengan nama Nippon Kendo Kata yaitu:
  • Tachi: Panjang Total, kira2 102 cm; tsuka(gagang) kira2 24 cm.
  • Kodachi: Panjang Total, kira2 55 cm; tsuka(gagang) kira2 14 cm.               Sedangkan Bokken model Suburito adalah model bokken yang lebih tebal dan berat terutama pada bagian Bilah ketimbang bokken pada umumnya. Bokken model ini biasanya digunakan untuk melatih teknik Suburi (latihan mengayun pedang) dan untuk pra latihan kata (sebelum latihan kata yang sebenarnya). 
    Berat yang dimiliki Suburito dimamfaatkan oleh para praktisi untuk memperkuat dan pengkondisian fisik serta teknik dalam rangka untuk menambah pengembangan semangat Bushido mereka. Bokken Suburito juga sering digunakan untuk latihan secara sendiri-sendiri tanpa partner (biasanya juga digunakan juga untuk berlatih kata atau jurus). Bokken Suburito biasanya berukuran panjang sekitar 115 cm (45 in), dengan berat 1 kg (2.2 lb). Semua jenis Bokken biasanya digunakan oleh para siswa beladiri sebelum mereka ahli menggunakan pedang katana sebenarnya dengan alasan keamanan. Sebab lain Bokken/Bokuto dari segi biaya/harga jauh lebih murah daripada pedang katana yang sebenarnya. Ada juga model bokken yang hanya digunakan untuk ber solo teknik, atau melakukan suatu jurus(kata) dengan teknik drawing Sword, yaitu bokken dengan sarung (bokken with saya) yang didesain menyerupai pedang katana sebenarnya. Tampak dari bokken ini body nya yang Slim baik bilah maupun gagangnya. Seni Beladiri Jepang yang menggunakan Bokken adalah Kenjutsu, Aikido, Iaido, Ninjutsu, dan Kendo. Untuk kendo kebanyakan dari praktisi memakai bokken untuk berlatih tarung dengan partner tanpa melakukan kontak langsung (alias memberikan jarak beberapa cm dari tubuh lawan), karena bisa fatal akibatnya jika melakukan pertarungan full contact dengan Bokken, lawan atau partner bisa cedera parah atau yang paling parah bisa menyebabkan cacat permanen ataupun kematian.Oleh karena itu para praktisi Kendo mengganti Bokken (Katana Kayu) ini dengan Shinai (pedang Katana yang terbuat dari Bambu) yang bersifat ringan dan lentur dan relatif tidak mencederai tubuh, walaupun dalam prakteknya sang praktisi masih memerlukan pelindung lagi seperti dikepala dan badan agar tidak cedera ketika ayunan shinai partner mereka mengenai badan/tubuh mereka. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Bokken menjadi senjata alternatif yang mematikan dalam melukai lawan atau bahkan membunuh lawan pengganti pedang Katana yang tajam, dan tidak boleh digunakan untuk pertarungan bebas kontak langsung. Tokoh legenda nyata dari Jepang yang sering menggunakan Bokken untuk melawan musuhnya yang menggunakan pedang sesungguhnya adalah Miyamoto Musashi. Banyak pertarungan yang dimenangkannya hanya dengan menggunakan Bokken, padahal lawannya menggunakan pedang katana sungguhan yang tajam. Salah satu pertarungannya yang fenomenal adalah ketika melawan sang seniman/pendekar pedang muda yang sangat disegani dan ditakuti dikalangan para Samurai Jepang, bernama Sasaki Kojiro.Untuk sang legenda Bokken dan pedang ini kita akan membahasnya dilain kesempatan.

Kontak Kami Bingung Cara Order / Pesan?
Customer Service jualbokkenmurah.blogspot.com siap melayani dan membantu Anda.
Deskripsi Produk


Kategori : Artikel

Share it! Bagikan info produk ini kepada teman Anda
5 24

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

google-site-verification: google31ab26ec960c248a.html

Laman

Konfirm

Entri Populer

Katalog